Nov 28, 2007

KABAR DARI JEJARING PPI-EROPA

DEKLARASI / PERNYATAAN BERSAMA
JEJARING PERHIMPUNAN PELAJAR INDONESIA
SE-EROPA


Kami para pelajar Indonesia se-Eropa, bersama-sama menyadari bahwa kemajuan bangsa Indonesia berada di tangan bangsa Indonesia sendiri dan membutuhkan semangat kebersamaan dan keberlanjutan. Untuk itu, sudah menjadi tugas kami juga untuk berperan aktif dengan cara menuntut ilmu sungguh-sungguh dan bekerja sama sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing untuk mencapai cita-cita kemerdekaan 17 Agustus 1945, yaitu untuk mencapai masyarakat Indonesia yang adil dan makmur.

Demi terwujudnya cita-cita bangsa, kami, Pelajar Indonesia Se-Eropa bertekad untuk :
- Berbakti pada nusa, bangsa, dan negara dengan berlandaskan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 dan amandemennya.
- Bersikap profesional dalam mengemban tugas-tugas masa kini dan masa yang akan datang
- Melaksanakan perubahan ke arah perbaikan dengan kontribusi aktif sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing
- Mambangun persatuan dan kerjasama, mempererat interaksi, membangun forum informasi dan komunikasi diantara sesama pelajar Indonesia se-eropa
- Mewujudkan dan melestarikan kesepakatan ini

Berdasarkan tekad di atas, maka dengan memohon rahmat Tuhan YME, kami pelajar Indonesia se-eropa sepakat untuk membentuk Jejaring Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Eropa yang mempunyai fungsi koordinasi, sosialisasi, advokasi, elaborasi, sosial kemasyarakatan dan kesinambungan, yang memfasilitasi kami untuk dapat berperan serta dalam pembangunan bangsa dalam kapasitas kami sebagai pelajar Indonesia.
Hal-hal yang berkaitan tentang aturan teknis Jejaring Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Eropa akan dijelaskan dalam penjelasan tambahan.

Demikianlah deklarasi ini kami tetapkan sebagai titik tonggak dan pondasi untuk aktivitas menyuarakan suara kaum muda demi Indonesia di masa mendatang.

Den Haag, 24 Juni 2007

Aryo Primagati (Belanda)
Yulia Rahma Fitriana (Prancis)
Henny Saptatia D.N. Sujai (Study Club Rusia)
Ahmad Makintha Brany (Trondheim)
uliansyah Shariati Pratomo (Swiss)
Edy hermawan (Finlandia)
Achmad Adhitya (Jerman)
Ari Warokka (Spanyol)
Berly Martawardaya (Italia)
T. Arsono (Belgia)
Viza Ramadhani (United Kingdom)
Hary Devianto (Korea Selatan)


Penjelasan tambahan mengenai Jejaring Perhimpunan Pelajar Indonesia se- Eropa:

1. Struktural Jejaring PPI Eropa:Jejaring PPI Eropa adalah forum komunikasi pelajar Indonesia di Eropa dengan enam fungsi utama untuk koordinasi, sosialisasi, advokasi, elaborasi, sosial dan hubungan masyarakat dan kesinambungan kegiatan pelajar Indonesia di Eropa. Sesuai hasil kesepakatan bersama, jejaring ini merupakan wadah yang berbentuk Annual Joint Session.
Dalam pelaksanaan kegiatannya, Jejaring Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Eropa ini memiliki struktur seperti yang digambarkan di bawah ini:

2. Keanggotaan Jejaring PPI se Eropa:
a. Organisasi pelajar Indonesia yang berada di luar negeri dengan menggunakan nama perhimpunan, perserikatan, persatuan, klub, komunitas atau dan sejenisnya yang mewakili satu negara (selanjutnya disebut PPI). Bila belum mempunyai PPI negara, maka satu PPI kota/wilayah dalam negara tersebut dapat menjadi anggota.
b. Bersifat sukarela,
c. Terdiri dari dua jenis keanggotaan, yaitu anggota biasa dan peninjau. Anggota biasa adalah anggota yang berasal dari kawasan eropa. Anggota peninjau adalah anggota yang berasal dari kawasan lainnya.

3. Penerimaan dan pengunduran diri anggota Jejaring PPI Eropa:
a. Penerimaan anggota baru yang akan bergabung dalam Jejaring PPI Eropa harus mendapatkan persetujuan dari anggota Jejaring PPI se Eropa secara musyawarah mufakat. Namun bila tidak mencapai kata mufakat, maka diberlakukan mekanisme voting dengan disetujui suara minimal setengah ditambah satu suara dari jumlah total anggota biasa.
b. Anggota Jejaring PPI Eropa yang menyatakan mengundurkan diri dari Jejaring PPI Eropa wajib menuliskan alasan pengunduran dirinya tanpa harus mendapatkan persetujuan anggota Jejaring PPI Eropa yang lain.

4. Hak dan kewajiban anggota Jejaring PPI Eropa:
a. Anggota biasa memiliki satu hak suara dan hak bicara
b. Anggota peninjau memiliki hak bicara
c. Seluruh anggota wajib mendapat persetujuan minimal setengah ditambah satu suara dari total anggota apabila ingin mengatasnamakan Jejaring

5. Pengusulan dan pelaksanaan kegiatan:
a. Anggota Jejaring PPI Eropa berhak mengusulkan kegiatan bersama kepada Jejaring PPI Eropa
b. Usulan kegiatan yang disepakati bersama oleh Jejaring PPI Eropa akan dilaksanakan oleh PPI yang mengusulkan sebagai penggerak utama (prime mover) dengan didukung oleh anggota Jejaring PPI Eropa yang lain.


No comments: