Nov 28, 2007

PROMOSI INDONESIA DI RUSIA

PAMERAN BATIK «INDONESIA-RUSSIA STUDY CLUB»
Peringatan 150 th Fak. Oriental Studies SPbGU &
50 th Prog. Studi Indonesia
10 Desember 2005 - 10 januari 2006

«The Indonesia-Russia Study Club» menyadari pentingnya memperkenalkan kebudayaan Indonesia pada publik St. Petersburg melalui penyelenggaraan pameran kebudayaan Indonesia secara «menarik» dan «cerdas». Maka, dalam rangkaian peringatan 150 tahun Fakultas Oriental Studies dan 50 tahun Jurusan Indonesia Universitas Negeri St. Petersburg, «The Indonesia  Russia Study Club» telah menggelar sebuah pameran batik bertema: «Batik Indonesia: Motif Batik Jawa». Pameran dimaksudkan sebagai partisipasi para penggiat Study Club untuk memperkenalkan seni dan kebudayaan Indonesia pada masyarakat Rusia, terutama tentang: konsep batik, proses pembuatannya, dan penggunaannya di pulau Jawa. Pemilihan tema «motif batik Jawa» bukanlah tanpa alasan. Hal ini berkaitan dengan keberadaan Jurusan Indonesia – Jawa di Fakultas Oriental Studies Universitas Negeri St. Petersburg, yang saat itu berusia kurang dari 4 tahun. «The Indonesia  Russia Study Club» memahami bahwa tradisi masyarakat Rusia mengapresiasi sebuah pameran, bukan hanya terbatas pada melihat tatanan artistik ekspanat yang dipamerkan. Informasi atau penjelasan tentang benda yang dipamerkan, tak kalah penting bagi pengunjung. Dengan informasi lengkap pengunjung dapat menikmati pameran dengan maksimal. Karenanya, lepas dari segala keterbatasan yang dimiliki, pameran batik «The Indonesia  Russia Study Club» yang merupakan pameran batik Indonesia pertama di St. Petersburg ini diselenggarakan sesuai konsep pameran masyarakat masyarakat Rusia. Pameran yang diselenggarakan di lingkungan Universitas Negeri St. Petersburg ini tidak bersifat komersial. Pameran diselenggarakan semata-mata sebagai upaya pengenalan dan promosi kebudayaan Indonesia. Dalam pameran ini tidak dipromosikan suatu merek batik tertentu, benda-benda ekspanat pada pameran ini pun tidak diperjualbelikan. Pameran hanya difokuskan pada pemberian informasi tentang batik.

Dalam acara ini dipamerkan 40 contoh motif batik Jawa, foto-foto yang berhubungan dengan proses pembuatan dan penjelasan tentang penggunaan kain Batik. «The Indonesia  Russia Study Club» secara serius menghimpun informasi yang dianggap menarik dan penting tentang batik Indonesia, yang selanjutnya, dalam bahasa Rusia disiapkan sebagai subtitile yang dipasang di bawah setiap ekspanat. Study club juga mengundang DR. E. Revunenkova (seorang etnograf Rusia ahli Indonesia) untuk menyiapkan pengantar tertulis tentang batik Indonesia.

Sebagian dari ekspanat yang dipamerkan dalam rangka peringatan 150 tahun Fakultas Oriental Studies dan 50 tahun Program Studi Indonesia telah diujipamerkan di Pusat Kegiatan Mahasiswa Asing, Rektorskiy Fligel, Universitas Negeri St. Petersburg. Kalangan akademis dari berbagai fakultas memberikan sambutan dan apresiasi diluar dugaan. Pameran ujicoba yang dijadwalkan digelar selama lima belas hari sejak 15-30 November 2005, atas permintaan Direktur Departemen Urusan Mahasiswa Asing dan pihak Rektorat , akhirnya diperpanjang hingga pertengahan Desember 2005. Melalui pameran ini «The Indonesia  Russia Study Club» membuktikan besarnya minat warga Rusia untuk mengetahui lebih dalam tentang kebudayaan Indonesia.

Pameran batik «The Indonesia  Russia Study Club» yang diselenggarakan selama satu bulan ini mendapat perhatian dari banyak kalangan, terutama civitas-akademica Fakultas Oriental Studies, Fakultas Filologi dan Fakultas Sejarah, para sejarawan, para pengamat dan peneliti baik dari universitas negeri St. Petersburg, maupun dari institusi lain. Tidak kurang dari 500 orang dapat menikmati pameran ini. ☼☼☼

No comments: